Filosofi Jawa

7 Filosofi Jawa untuk sukses dalam hidup, bukan filosofi kopi ya…

1.Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti
Maknanya adalah segala sifat keras hati, picik, dan angkara murka hanya dapat dikalahkan oleh kelembutan dan kesabaran. Dalem banget ya gaes… makanya banyak banyakin lembut hati dan sabar, maka kamu dapat menaklukkan dunia.

2. Urip Iku Urup
Hidup itu nyala, maknanya hidup kita baru berarti ketika kita sudah memberikan manfaat bagi orang lain disekitar kita. Nah pas banget nih, klo kamu pelaku bisnis online niatkan jangan hanya untuk mencari keuntungan pribadi saja tapi juga bagaimana caranya bisnis kita bisa memberi manfaat bagi orang lain.

3. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman
Dalam menanggapi kehidupan dunia jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah kaget, dan jangan manja. Sejatinya hidup di dunia hanyalah semu belaka, jika kita tidak pandai menata diri maka kita akan mudah terseret arus kehidupan dunia. Jangan terseret arus dosa ah, nyemplung aja di bisnis online biar terseret arus kaya raya 😀

4. Ajining Raga Saka Busana, Ajining Diri Saka Lathi Lan Budi
Raga kita dinilai dari pakaian kita, sedangkan diri kita dinilai sesungguhnya dari perkataan dan budi pekerti. Sering kan kita menemukan orang yang secara penampilan fisik baik, pakaian bagus dan matching tapi ternyata perkataannya kasar dan budi pekertinya nol besar. Ada juga sebaliknya pakaian biasa cenderung kurang namun tutur kata halus dan budi pekertinya baik. Lebih baik yang mana? Lebih baik yang dapat memenuhi keduanya 🙂

5. Ojo Milik Barang Kang Melok, Ojo Mangro Mundak Kendho
Artinya jangan mudah tergoda oleh kemewahan, keindahan, dan segala yang menyilaukan, dan jangan mendua agar tidak kendor niat dan semangatnya dalam mencapai impian. Mau sukses? fokus!

6. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan, lan Kemareman
Jangan terobsesi atau terjebak dalam keinginan mengejar kedudukan, keduniawian dan kenikmatan. Sejatinya semua itu seperlunya saja. Aseekkk

7. Ojo Adigang Adigung Adiguna
Maknanya adalah jangan menjadi pribadi yang sombong dan sewenang-wenang. Sesukses apapun dan setinggi apapun pangkat drajat kedudukan kita, hendaknya kita tetap rendah hati dimanapun kita berada.

Woess sip kan bahasan kali ini? Ngobrol kaya gini enak banget sambil medang di wedangan mbah bes. Sore-sore jegang, ngeteh jahe sambil nyaplok gorengan dan nyeplus lombok, waah nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Klo kamu rasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share yah….