Wedang Uwuh Jogja, sejarah hingga khasiat

BAHASA INDONESIA

wedang uwuh jogja

wedang uwuh

Apa sih Wedang Uwuh itu?

Bagi sebagian Anda, mungkin sudah familiar dengan nama salah satu minuman khas Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Ya! Wedang Uwuh! Wedang Uwuh yang secara harfiah berarti minuman sampah karena berasal dari kata bahasa jawa wedang yang berarti minuman dan uwuh yang berarti sampah. Eits jangan dibayangin yang jelek-jelek dulu ya gaes, minuman sampah ini dibilang sampah karena saking banyaknya rempah yang dimasukkan ke dalamnya sehingga terlihat seperti sampah. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata selain karena penampakannya, ada cerita tersendiri yang melatar belakangi kenapa minuman ini bisa tercipta hingga dinamakan wedang uwuh.

Sejarah Wedang Uwuh 

Sejak waktu yang lama Wedang Uwuh menjadi salah satu minuman kegemaran raja-raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ada beberapa versi sejarah wedang uwuh, namun diantaranya yang paling populer adalah versi Sultan Agung, yang menurut kami juga paling mendekati kebenaran dengan mempertimbangkan fakta bahwa wedang uwuh adalah minuman kegemaran para raja.

Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma merupakan sultan ketiga Kesultanan Mataram (cikal bakal kraton jogja) yang memerintah pada periode tahun 1613-1645, dan telah berjasa menjadikan Kerajaan Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu. Cerita dimulai ketika Sultan Agung hendak mencari tanah/area untuk dijadikan tempat makam keluarga kerajaan. Setelah  berkelana mencari kesana kemari, sampailah Sultan Agung di daerah Bukit Merak yang terletak di daerah Imogiri Bantul.

Sultan Agung merasa daerah tersebut cocok untuk dijadikan tempat pemakaman keluarga kerajaan. Namun untuk lebih memantabkan pilihannya tersebut, Sultan Agung memutuskan untuk bersemedi disana mencari petunjuk Ilahi. Ketika malam menjelang dan udara menjadi semakin dingin, Sultan Agung memerintahkan pengawalnya untuk membuatkannya secangkir minuman hangat. Disini terdapat dua versi, satu versi menyataan bahwa minuman yang disuguhkan oleh pengawal adalah wedang secang, sedang versi lain menyatakan bahwa minuman yang disajikan adalah wedang cengkeh. Sultan Agung tidak langsung meminum minuman tersebut, melainkan melanjutkan semedi yang dilakukannya. Lokasi yang berada di ketinggian menghembuskan angin malam yang cukup kencang hingga menyebabkan daun-daun berguguran dan tanpa sengaja daun-daun tersebut sebagian masuk ke dalam minuman yang disuguhan kepada sang sultan. Suasana malam yang gelap menyebabkan Sultan Agung tidak menyadarinya, dan meminum minuman tersebut seperti biasa, namun dia merasa ada yang berbeda dan merasa minuman buatan pengawalnya kali itu lebih enak daripada biasanya. Pagi harinya Sultan Agung kembali memerintahkan pengawalnya untuk membuatkannya lagi minuman seperti yang tadi malam telah disuguhkan, dia juga berkata kepada pengawalnya bahwa minuman tersebut terasa lebih enak daripada biasanya. Pengawal kemudian memeriksa cangkir minuman sang raja dan terkejut dengan adanya daun-daunan yang pada mulanya tidak ada. Namun demikian para pengawal tersebut kemudian membuat lagi ramuan minuman yang sama dengan mempelajari apa yang ada dalam cangkir tersebut. Sejak saat itulah wedang uwuh mulai dinikmati kalangan Kasultanan Mataram hingga Kraton Yogyakarta dan hingga saat ini tidak lagi menjadi minuman eksklusif kalangan keluarga kerajaan, namun dapat kita nikmati bersama.

Khasiat Wedang Uwuh 

Wedang Uwuh terdiri dari jahe, serutan kayu secang, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun salam dan gula batu yang kemudian memiliki banyak manfaat seperti :

  • menghangatkan badan
  • menghilangkan capek-capek
  • meningkatkan kualitas tidur
  • menyembuhkan dan mencegah masuk angin
  • menurunkan kolesterol
  • melancarkan peredaran darah
  • sebagai anti oksidan alami
  • menyembuhkan batuk ringan

Nah itu tadi sekilas ulasan mengenai Wedang Uwuh, semoga bermanfaat dan jika Anda membutuhkan Wedang Uwuh baik dalam bentuk minuman jadi, eceran maupun grosir untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, toko, cafe, atau hotel Anda, Anda dapat menghubungi kami di tombol whatsapp dipojok kanan bawah laman ini. Silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

ENGLISH 

What is Wedang Uwuh?

For some of you, maybe already familiar or at least ever heard about one of special drinks of Special Region of Yogyakarta, Indonesia, which called Wedang Uwuh. Wedang Uwuh which literally means rubbish drink because it comes from the Javanese term wedang which means drink and uwuh which means rubbish. But don’t imagine the bad ones first guys, this garbage drink is said to be rubbish because so many spices are inserted into it, so it looks like garbage. But do you know, that apart from its appearance, it turns out that there is a separate story behind why this drink can be created until it’s called wedang uwuh. Lets check that out…

Wedang Uwuh History

For a long time Wedang Uwuh became one of the favorite drinks of the kings of Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. There are several historical versions of Wedang Uwuh, but among the most popular is the Sultan Agung version, which in our opinion is also the closest to the truth taking into account the fact that Wedang Uwuh is a favorite drink of the Kings.

Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma was the third sultan of the Mataram Sultanate (the forerunner of the Jogja Palace) who ruled in the period of 1613-1645, and had contributed to making the Kingdom of Mataram develop into the largest kingdom in Java and the archipelago at that time. The story begins when Sultan Agung wants to find land to be used as a place for the tomb of the royal family. After venturing to and fro, Sultan Agung arrived at the Merak Hill area located in Imogiri sub district of ​​Bantul Regency.

Sultan Agung felt that the area was suitable to be used as a burial place for the royal family. But to better strengthen his choice, Sultan Agung decided to meditate there seeking divine guidance. When the night came and the air became colder, Sultan Agung ordered his bodyguard to make him a cup of warm drink. Here there are two versions, one version states that the drink served by the bodyguard is wedang secang (Caesalpinia sappan), while the other version states that the drink served is clove drinks. Sultan Agung did not immediately drink the beverages, but continued the meditate he did. The location at the height exhaled the night wind which was quite strong, causing the leaves to fall and accidentally some of it was fallen into the drink that was served to the sultan. The dark night atmosphere caused Sultan Agung did not notice that and drank it as usual, but suddenly he felt there was something different in the taste and felt that the drinks were better than usual. In the morning, Sultan Agung ordered his bodyguard to make him another drink like the one he had served last night, he also told his bodyguard that the drink tastes better than usual. The guards then examined the king’s drink cup and were shocked by the presence of leaves that were not there before. However, the guards then made another concoction of the same drink by learning what was in the cup. From that time onwards, wedang uwuh began to be enjoyed by the Mataram Sultanate to the Kraton of Yogyakarta and until now it is no longer an exclusive drink among the royal family, but we can enjoy it together.

Benefits of Wedang Uwuh

Wedang Uwuh consists of ginger, secang wood shavings, cloves, cardamom, cinnamon, bay leaves and rock sugar which then has many benefits such as:

  • warm the body
  • eliminate fatigue
  • improve sleep quality
  • cure and prevent colds
  • lowers cholesterol
  • improve blood circulation
  • as a natural anti-oxidant
  • cure mild cough

Now that was a brief story of Wedang Uwuh, hopefully it is useful for you and if you need Wedang Uwuh in the form of ready to drinks, retail and wholesale to meet your household, shop, cafe or hotel needs, you can contact us on the WhatsApp button on the lower right corner of this page. Please share this article if it feels useful.

 

Bukber Unik Jogja

Bib bib terdengar suara notifikasi dari handphone jadul simbah. Ternyata ada wa masuk  dari mas Hendratmoro, salah satu pelanggan setia Wedangan Mbah Bes, tidak lama setelah simbah update menu wedangan yang ready malam itu di status wa. Mas Hendratmoro ini memborong wedhang gedhang lereng merapi untuk acara bukber kecil alumni Geografi UGM angkatan ’95.

Langsung saja simbah racik sore itu juga dan simbah pastikan ketika mas Hendratmoro ambil malam itu selepas isya dalam keadaan panas sesuai pesanan, karena katanya akan dibawa ke lokasi bukbernya di daerah Bugisan Jogja.

testimoni wedang gedhang

Wah klo lihat fotonya, seru banget ya para bapak-bapak ini kumpul-kumpul menyambung tali silaturahmi sambil menikmati berbagai sajian, lihat saja tuh mejanya sampai penuh. Wedang gedhang mbah bes dibungkus dengan cup khusus minuman panas yang desainnya unik, jadi aman dibawa kemana-mana. Dan testimoninya katanya fresh dan enaak, cuman rekuwes pisangnya lain kali minta pisang raja, weleh weleh boleh aja besok simbah bikinin custom asal budget sesuai ya? wkwkwk nggo tombo boyoke simbah sing sengkleh pas ngopek gedhang.

Polling Bincang Santai

Aside

(Bahasa Jawa)

Halo dulur kabeh, piye kabare? rak yo apik wae to? Alhamdulillah nek do apik wae, simbah we mergo okeh ngombe wedang sing sehat-sehat ngene iki yo dadi bagas waras je. Eh tak kandani to, simbah ki pengen gawe acara tapi aku ki pengen ndelok sik okeh sing gelem pora…

Dadi ngene ceritane, simbah kro Coach seko konsultan pendidikan sing ngewangi sekolah neng luar negeri, spesialisasi Jepang, ki pengen gawe acara bincang-bincang santai bab piye carane iso entuk beasiswa neng Jepang. Sopo wae sing entuk melu? Nek simbah ki pengene kowe kabeh ki yo do melu, ben do kenal kro simbah, tapi utamane ki yo adek-adek sing saiki do sekolah SMA utowo sing sederajat, mahasiswa S1 sing pengen lanjut golek S2 neng Jepang, orang tua murid sing do duwe anak SMA po kuliah, kro bapak ibu PNS neng lingkungan DIY.

Nah mulo kui, ayo to simbah diewangi polling, nek kiro-kiro simbah gawe acara wedangan kro bincang santai neng atap omahe simbah kiro-kiro do gelem ora? Nek okeh sing gelem ki simbah arep ndadekke. Coach ugo arep terbang langsung seko jakarta sebagai narasumber. Ora ketinggalan mengko yo ono testimoni seko wong-wong sing berhasil entuk beasiswa neng Jepang, dadi nek arep takon-takon ki luwih cetho. Piye? jagongan mangan kacang godhog kro medang neng nggone simbah kro ndelok lintang gemintang eh isih ditambahi ilmu tentang golek beasiswa neng jepang. Joss to? yoh nek ngono gek diisi yo ki pollinge, kiro-kiro ono wong 10 sing gelem mangkat wis simbah. Acarane gratis kok, ning wedange yo mbayaaarr….. yo to?

Klo ada acara bincang santai tentang gimana caranya dapet beasiswa Jepang di Wedangan Mbah Bes pada mau dateng ga kira-kira?

  • Mau! Kapan? (80%, 24 Votes)
  • Hmm ga dulu deh (20%, 6 Votes)

Total Voters: 32

Loading ... Loading ...

nek sing wis mesti gelem, langsung wa simbah yo pencet kui tombol wa neng pojok kanan bawah halaman iki ben di data, utowo simbah bakal matur nuwun banget nek do ngewangi simbah share neng media sosial yo…

Rung neng jogja nek rung medang dab!

(Bahasa Indonesia)

Halo semua, gimana kabarnya? semoga semua sehat walafiat ya. Jadi gini, Mbah Bes tu pengen bikin acara, tapi sebelumnya Mbah Bes pengen lihat dulu nih animo netijen gimana…

Klo idenya sih Mbah Bes bersama Coach dari konsultan pendidikan yang membantu sekolah di luar negeri, spesialisasi Jepang, ini pengen bikin acara bincang santai tentang gimana caranya dapet beasiswa ke Jepang. Siapa aja yang boleh ikut? Sebenernya terbuka untuk semua sih, tapi diutamakan mereka yang masih duduk di bangku SMA atau sederajat, mahasiswa S1 yang pengen lanjut studi ke Jepang, orang tua murid yang berminat anaknya ikut beasiswa jepang, dan para PNS di lingkungan DIY.

Nah kira-kira pada mau ga nih? klo pada mau nanti coach sendiri akan terbang langsung dari Jakarta untuk jadi narasumber. Nanti juga ada testimoni dari para peraih beasiswa ke Jepang, jadi klo mo nanya-nanya lebih jelas. Enak kan, wedangan diatap rumah, sambil ngemil kacang rebus, memandangi bintang-bintang eh nambah ilmu juga. Isi polling ini ya

Klo ada acara bincang santai tentang gimana caranya dapet beasiswa Jepang di Wedangan Mbah Bes pada mau dateng ga kira-kira?

  • Mau! Kapan? (80%, 24 Votes)
  • Hmm ga dulu deh (20%, 6 Votes)

Total Voters: 32

Loading ... Loading ...

10 orang aja yang setuju Mbah Bes akan jalankan acara ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu diberbagai medsos ya, ajakin juga temen2mu untuk ikutan poll ini. Ga usah khawatir acaranya gratis kok tapi minumannya tetep bayar dong, wkwkwk…

Yang bener-bener minat bisa langsung japri simbah, pencet aja tombol wa di pojok kanan bawah halaman ini ya, biar di data

Rung neng Jogja nek rung medang dab!

 

15 Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh

Seperti kita ketahui jahe punya manfaat untuk menghangatkan badan, terutama jika dibuat minuman dan diminum dimasa hujan begini. Namun tahukah anda bahwa ada segudang manfaat jahe lainnya bagi kesehatan tubuh. Apa aja? Kita simak yuk!

Manfaat jahe bagi kesehatan :

  1. menghangatkan badan dan mengusir masuk angin
  2. mengatasi flu dan pilek
  3. mengatasi masalah pencernaan
  4. mengurangi mual
  5. mengurangi rasa sakit
  6. penangkal kanker
  7. anti peradangan terutama pada otot
  8. membantu menurunkan berat badan
  9. memberi efek menguntungkan bagi penderita diabetes dan jantung
  10. membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  11. membantu stress oksidatif (bentuk penuaan seluler)
  12. berperan dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin
  13. melindungi hati dari penyakit perlemakan hati non-alkohol yang berbahaya
  14. membantu meningkatkan kesuburan pria (jahe merah)
  15. meningkatkan metabolisme tubuh

Efek samping dari jahe
Sama seperti halnya obat jahe pun memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. sakit perut
  2. perut kembung dan terasa panas
  3. mulas dan diare

Jumlah ideal yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 4 gram jahe dalam sehari. Jahe juga tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. Bagi ibu hamil meskipun tidak berbahaya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena kondisi kandungan tiap masing-masing ibu hamil berbeda.

Share yuk …